Kamis, 12 Januari 2017

5 Penyebab Kerasnya Hati

1. Banyak Bicara

Apa hubungan lisan dengan hati ? Lisan adalah duta hati. Islam mengajarkan ummatnya untuk berkata baik. Jika tidak bisa, maka diamlah. Sebab keimanan seseorang terkait erat dengan sejauh mana seseorang menjaga lisannya.

Rasulullah.saw bersabda : "Barangsiapa yang beriman kepada Allah.swt dan hari akhir, hendaklah dia berkata benar atau diam" (HR.Muslim, Baihaqi)

Banyak bicara akan membebalkan hati. Sebab, semakin banyak bicara, kemungkinan akan semakin banyak salah.

Firman Allah, " Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh bersedekah, berbuat ma'ruf/perdamaian diantara manusia" (Q.S.An Nisa : 114)

Rasulullah.saw bersabda : "Beruntunglah orang yang dapat menahan kelebihan bicaranya dan menginfakkan kelebihan hartanya" (HR. Baihaqi)

Ibrahin At Taymiy berkata : " Seorang mukmin, ketika hendak berbicara, ia berpikir dahulu, jika bermanfaat diucapkan, dan sebaliknya. Sedangkan orang durhaka, sesungguhnya lisannya mengalir saja".

2. Banyak Tertawa

Tertawa bukanlah hal yang dilarang. Rasulullah.saw sendiri pernah tertawa, namun itu dilakukan sewajarnya. Karena itu ditegaskan bahwa beliau lebih banyak menangis dan sedikit tertawa.
Rasulullah.saw bersabda : " Banyak tertawa itu mematikan hati " (HR. Ahmad)

3. Banyak Makan

4. Dosa

5. Teman/Pergaulan yang Buruk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5 Penyebab Kerasnya Hati

1. Banyak Bicara Apa hubungan lisan dengan hati ? Lisan adalah duta hati. Islam mengajarkan ummatnya untuk berkata baik. Jika tidak bisa, m...